Cara Submit SiteMap dan URL di Google Search Console Simple

Penjelasan tentang Sitemap, Seberapa pentingnya terhadap Search engine, dan Menggunakan Search Console untuk membantu perayapan Web kita.
Cara Submit SiteMap di Google Search Console Paling Simple - SiteMap merupakan sebuah daftar laman yang ada pada suatu website, untuk itu fungsi SiteMap sangat berperan penting dalam pengembangan suatu website. Menurut WikiPedia, terdapat tiga jenis sitemap yang utama didalam website; yang pertama adalah sitemap yang digunakan ketika merancang suatu website oleh Designer tertentu, yang kedua digunakan untuk menampilkan sitemap secara grafis / hierarki guna mempermudah pengguna, dan terakhir adalah yang paling penting yaitu daftar terstruktur dari sitemap yang digunakan perayap web seperti search engine untuk menganalisa website.

Yang akan kita bahas disini adalah SiteMap khusus untuk web crawler. Berguna untuk memancing search engine agar dapat mengindex website kita. SiteMap tersebut kita submit ke Google Search Console.

google search console logo

Bagi yang menggunakan platform Blogger, struktur submitnya lumayan mudah untuk diingat, yaitu alamat blogspot sobat + /sitemap.xml. Misalnya contoh.blogspot.com + /sitemap.xml, jadinya
https://contoh.blogspot.com/sitemap.xml

Nah, langsung saja ke tutorial cara memasangnya di Search Console.

Submit di Search Console Google;
  1. Buka alamat ini https://search.google.com/search-console/sitemaps,
  2. Pilih properti web yang akan ditambahkan sitemap,
  3. Isi text area tersebut cukup dengan sitemap.xml, klik submit,
  4. Dan cukup sampai disitu, Google secara bertahap akan merayapi web tersebut dan mengindexnya,
  5. Apabila ingin mengecek satu persatu laman demi laman yang ada di suatu web, bisa copy secara utuh alamat web yang ingin dicek dan paste pada box di header laman tersebut, dan tekan Enter,
    Setelah itu, klik pada Request Indexing,
  6. Update terbaru per tanggal 28 Februari 2019, Google Search Console memungkinkan penggunanya untuk menambahkan property set berupa domain. Fitur ini sangat direkomendasikan bagi webmaster yang mempunyai banyak subdomain dari suatu domain tertentu. Misalkan blog ini, saya memiliki 4 subdomain yang terpasang pada domain utama, dan saya menambahkan domain utama saya ke Search Console dan keempat subdomain tersebut otomatis menjadi satu bundle properti yang terstruktur pada domain utama itu.

  7. Dan demikian.

Demikian artikel tentang Cara Submit SiteMap di Google Search Console Paling Simple, semoga bermanfaat.

Posting Komentar