Cara Mempercepat Performa Windows 10

Umumnya, semakin berkembangnya hardware suatu perangkat, entah PC atau SmartPhone, akan berimbas pada pengoptimalan software (Sistem Operasi - dalam hal ini Windows) pada perangkat tersebut. Dan dampak dari pengoptimalan software tersebut belum tentu tepat atau didukung oleh perangkat jadul seperti yang saya gunakan sehari-hari. Oleh karena itu, saya mencari di internet cara untuk mengoptimasi software. Namun usaha saya berujung nihil.

Pada suatu waktu, saat saya sedang asik-asiknya scrolling di situs 9gag divisi PC Master Race, ada seorang user 9gag yang sharing tentang bagaimana cara menghapus aplikasi yang jarang digunakan pada OS Windows. Tanpa pikir panjang saya menuju lnk yang dituju, yaitu disini.

Tidak ada program yang digunakan pada optimasi kali ini, selain hanya menggunakan Script Powershell.
Sang Penemu Script tersebut, dalam pembukaan Readme di laman github diatas menyatakan;

This is a PowerShell script for automation of routine tasks done after fresh installations of Windows 10 and Windows Server 2016. This is by no means any complete set of all existing Windows tweaks and neither is it another "antispying" type of script. It's simply a setting which I like to use and which in my opinion make the system less obtrusive.

Yang intinya kurang lebih, men-disable berbagai program "Spying" dari microsoft lewat script powershell dengan menguninstall software / service windows 10 yang jarang digunakan.

Catatan :

- Ada beberapa script yang dapat merubah tampilan windows,
- Sebaiknya membuat System Restore apabila terdapat hal-2 yang tidak diinginkan,
- Jika ada kendala / pertanyaan bisa komentar pada kolom dibawah,

Langsung saja ke tahap-tahapannya;

  1. Download repo Gtihub-nya pada link dibawah.
  2. Untuk langsung mengeksekusi script dengan settingan / preset default, tinggal diklik kanan saja pada file "Default.cmd" dan otomatis muncul window Powershell baru yang berisi progress script apa saja yang sedang dieksekusi.
  3. Tanda saat eksekusinya selesai adalah saat muncul tulisan "Press Any Key to Continue"
  4. Pencet saja Enter, maka PC akan Restart.
  5. Bagi yang mau mengkonfigurasi / memilih fitur apa yang akan didisable bisa dengan cara mengedit file Default.preset dengan notepad / software text editor lain.
  6. Baris yang ada tanda HashTag-nya adalah tipe script yang tidak dieksekusi, jadi jika ingin menghapus script dari barisan yang akan dieksekusi tinggal tambahkan hashtag saja pada baris paling awal.
  7. Sekian.
Demikian, Semoga Bermanfaat.




Download Link


Download (Official)TypeSize
Script-Master ZIP 29.9 KB
Default Preset PRESET 3 KB

Posting Komentar