Cara Membuat VPN Pada Google Cloud Platform


Virtual Private Network, atau biasa disingkat VPN, merupakan sebuah istilah dimana Pengguna bisa mengirim dan menerima data di jaringan bersama atau publik seolah-olah perangkat mereka terhubung langsung ke jaringan pribadi.

VPN adalah singkatan dari “Virtual Private Network”, merupakan suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara pribadi melalui jaringan Internet (publik). Disebut dengan Virtual Network karena VPN menggunakan jaringan Internet sebagai media perantaranya alias koneksinya bukan secara langsung. Dan disebut Private Network karena VPN bersifat pribadi maksudnya hanya orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya.

VPN merupakan saluran komunikasi khusus yang efisien menggunakan jaringan internet. VPN biasanya digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan ruang sendiri di internet. Misalnya komunitas bisnis yang memerlukan keamanan jaringan sendiri di internet melakukan berbagai kegiatan dalam lingkungannya sendiri.

VPN beroperasi pada topologi yang berbeda dan lebih rumit dari jaringan point to point. Fungsi VPN adalah memberikan koneksi yang sangat aman antara jaringan pribadi yang terhubung melalui Internet. Hal ini memungkinkan remote komputer bertindak seolah-olah berada di jaringan LAN. Data yang dikirimkan melalui VPN terenkripsi sehingga cukup aman dan rahasianya tetap terjaga, meskipun dikirimkan melalui jaringan internet, itulah definisi dari VPN.

Fungsi

  1. Kerahasiaan (Confidentially) : VPN merupakan terknologi yang menggunakan jaringan internet atau jaringan publik yang tentunya sangat rawan terhadap pencurian informasi atau data. Maka VPN memakai metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat. Dengan menggunakan metode enskripsi itu, keamanan data akan cukup terjamin dari pencurian data. Walau ada pihak-pihak yang bisa menyadap data-data yang melewati jaringan internet maupun jalur dari VPN sendiri, akan tetapi belum tentu yang menyadap dapat membaca data tersebut sebab data tersebut sebelumnya telah teracak. Dapat disimpulkan dari fungsi confidentially ini maksudnya supaya data yang di transmisikan haya dapat diakses oleh orang yang memang berhak saja.
  2. Keutuhan data (Data Integrity) : VPN mempunyai teknologi yang dapat menjaga keutuhan informasi atau data mulai dari data tersebut dikirim kan hingga data tersebut sampai di tempat yang di tujunya. Sehingga data saat di perjalanan dapat terhindar dari berbagai macam gangguan seperti data hilang, rusak, atau dimanipulasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
  3. Autentikasi sumber (Origin Authentication) : VPN mempunyai kemampuan untuk melakukan autentifikasi terhadap sumber dari pengiriman data yang akan di terimanya. VPN dapat melakukan pemeriksaan kepada data yang masuk dan mengakses informasi dari sumbernya, lalu alamat dari sumber data tersebut akan di setujui jika proses autentifikasi berhasil, dengan begitu VPN dapat menjamin semua data yang di kirimkan dan juga yang diterima berasal dari sumber yang memang benar-benar seharusnya, tidak ada informasi atau data yang dikirimkan oleh pihak lain dan data yang dipalsukan.

Manfaat

  1. Remote Access : Maksudnya dengan menggunakan VPN kita bisa mengakses komputer ataupun jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet atau publik.
  2. Keamanan : dengan menggunakan koneksi VPN kita bisa browsing, searching dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik misalnya seperti hotspot atau internet yang ada di cafe-cafe.
  3. Dapat menghemat biaya setup jaringan : VPN juga dapat dipakai sebagai cara alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Karena transmisi data yang digunakan pada VPN memakai media jaringan internet atau jaringan publik yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membangun jaringan sendiri.

Dan pada kesempatan kali ini, ane akan membagikan cara untuk mendapatkan VPN dari Google Cloud Platform. Tutorial ini merupakan lanjutan dari tutorial GCP sebelumnya (Cara Membuat RDP Gratis di Google Cloud Platform).

Untuk mendaftar GCP dan mendapatkan trial 1 tahun beserta credit $300. Sobat harus sudah mempunyai kartu MasterCard / VISA, jika belum mempunyai keduanya, bisa menggunakan Cara membuat VISA gratis.

Nah, langsung saja, berikut langkah-langkahnya.
  1. Buka web
    https://console.cloud.google.com/compute/instances
  2. Buat Instance baru, pilih Create Instance,
  3. Pada Machine Types, pilih yang paling kecil, yaitu micro (1 shared vCPU, 0.6 GB Memory),
  4. Bootdisk menggunakan Centos 7,
  5. Di bawah bagian Firewall, click pada Management, security, disk, networking,
  6. Pilih Tab Networking,
  7. Click pada Network Interfaces,
  8. Pada External IP Address, Create IP Address, beri nama terserah,
  9. Click Done,
  10. Click Create,
  11. Setelah selesai dan aktif, Click SSH, akan muncul window chrome baru,
  12. Ketikkan perintah berikut,
    sudo su
    yum install wget
    y
    wget https://skiddow.github.io/OpenVPN/openvpn-install.sh
    sudo bash openvpn-install.sh
    1
    1194
    2
    client
    [Press any key (tekan sembarang tombol)]
  13. Jika muncul peringatan tentang NAT, masukkan IP External address,
  14. Download file pada /home/client.ovpn
  15. Jika belum punya OpenVPN, bisa download pada link berikut, atau direct link dibawah,
  16. Untuk menggunakannya di tinggal import dengan cara klik kanan, import, dan pilih file .ovpn yg telah didonlot sebelumnya, jangan lupa juga jika ingin connect VPN, tinggal klik kanan Connect, jika ingin disconnect, Klik Kanan Disconnect.
Untuk lebih jelasnya, bisa melihat video tutorial berikut.

Demikian, semoga bermanfaat,


Download Links



Sumber :
http://khaerryanwar.blogspot.com/2015/09/vpn-pengertian-fungsi-manfaat-dan-cara.html
https://www.skiddow.net/2018/04/setup-your-own-vpn-server.html