Cara Membuat Tema Android Sendiri - Samsung 8.0 Oreo

Membuat Tema Android Sendiri - Samsung 8.0 Oreo | Theme atau Tema adalah istilah dari suatu paket tampilan dari sebuah user interface dari sebuah aplikasi tertentu. Tema tersebut mencakup pemilihan warna, pemilihan jenis huruf / font, dan kadang sampai merubah beberapa bentuk dari tema dasar.

membuat tema sendiri untuk samsung oreo

Pada Tema Samsung sendiri, tema yang ditawarkan sudah lumayan bagus, hanya saja berbayar. Dan juga, untuk kustomisasinya berbelit-belit.

Nah, solusi untuk permasalahan diatas, ada sebuah aplikasi android menarik untuk membuat tema sendiri. Pilihan kustomisasinya juga lumayan lengkap. Dan Setiap sebulan sekali developer memberikan update kecil-kecilan.

Aplikasi Tema Editor Samsung yang saya pakai adalah ThemeGalaxy, sedangkan HP yang saya gunakan adalah Samsung A8 2018 dengan OS Oreo 8.0. Dan yang lebih penting, saat menggunakan aplikasi ini, tidak mengharuskan kita untuk ROOT android.

Nah, langsung saja menuju ke tutorial nya. Sebelum itu, bagi yang bingung dengat kata-kata didalamnya, bisa dibaca sambil menonton video nya langsung;

Berikut tutorial tentang Membuat Tema Android Sendiri;

  1. Pastikan sudah menginstall aplikasi ThemeGalaxy,
  2. Buka aplikasi ThemeGalaxy,
  3. Di layar awal akan ditampilkan 3 jenis warna,

    Primary Color; warna utama, warna yang paling sering muncul / dominan,
    Statusbar Color; warna statusbar,
    Accent Color; warna kedua, warna yang dgunakan di tombol,

    dibagian atas kanan ada tulisan Black, digunakan untuk merubah tipe tampilan aplikasi bawaan samsung, ada tipe Light, Dark, Black, Custom Black; serta ada juga style flat atau shadow pada bawah status bar.
  4. Pada menu Advanced di bagian bawah kiri layar awal, terdapat banyak pilihan bagian tampilan yang ingin dirubah secara lebih lanjut,

    Keyboard, Quick Setting, Notification, AOD, Msg Bubbles, Navigaton Bar, Status Bar, UI Components, dan juga Tweaks,

    Serta ada pengaturan lain yang lebih spesifik selain pengaturan diatas,
  5. Dibagian kedua, ada Third Party Apps, digunakan untuk mengubah beberapa aplikasi android populer menjadi mode gelap dan flat,
  6. Dibagian ketiga,

    Include/Exclude; mengatur aplikasi mana yang tidak ingin diedit tampilannya,

    Notification Patches; jika pengaturan warna notifikasi yang ada pada menu Advanced sebelumnya diatur ke warna Hitam, lebih baik di centang semua, tapi jika tetap menggunakan warna putih, hilangkan semua centang. Dan jika saat tema sudah diterapkan dan ketika membuka aplikasi tertentu terdapat error, hilangkan centang pada aplikasi tersebut dan build ulang temanya.
  7. Bagian keempat, Build Theme,

    Tentukan nama tema,

    Untuk menambahkan font dalam temanya, centang Include Font, dan tambahkan font apa saja yang diinginkan, font tersebut diambil dari Google Fonts,

    Preview Images digunakan untuk menggenerate gambar preview di aplikasi Samsung Theme nya,
  8. Jika dirasa sudah puas mengedit tema nya, bisa langsung tap BUILD,
  9. Setelah selesai build, install tema nya,
  10. Tema bisa ditemukan di daftar tema pada Samsung Theme,
  11. Dan demikian tutorial cara membuat tema di Samsung Android Ore 8.0. Untuk mempermudah memahami kalimat-kalimat diatas, bisa menonton video youtube berikut. Dan bagi yang menginginkan CustomTheme yang saya buat di video, bisa download dibawah. Tersedia juga Font yang saya gunakan di HP saya. Jika ingin Request bisa di kolom komentar.

Demikian tutorial Cara Membuat Tema Android Sendiri - Samsung 8.0 Oreo. Semoga Bermanfaat.




Download Links

Posting Komentar