Pengaturan Lanjutan CloudFlare pada Blogger

Pada artikel kali ini akan dibahas; bagaimana cara mengaktifkan DNSSEC, menambahkan subdomain lain dan menautkannya ke blogger, menautkan GitHub Pages ke CloudFlare dan Blogger, serta konfigurasi cache untuk CDN.


Pengaturan Lanjutan CloudFlare pada Blogger - Artikel kali ini akan melanjutkan tutorial lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas tentang cara membuat akun di CLoudFLare dan menautkannya ke Blogger.

Terdapat beberapa pengaturan tambahan yang saya gunakan untuk memaksimalkan fitur yang telah disediakan oleh CloudFLare.

Berikut pengaturan tersebut:

Mengaktifkan DNSSEC

DNSSEC, yang merupakan singkatan dari Domain Name System Security Extensions, adalah seperangkat protokol yang menambahkan lapisan pengaman tambahan ke proses pencarian dan pertukaran DNS (Domain Name System), sehingga tidak terjadi kebocoran informasi ketika proses pertukaran data antara server dan client. DNSSEC mampu menanggulangi serangan ke domain seperti DNS Spoofing dan DNS Cache Poisoning. Untuk penjelasan lengkapnya bisa dibaca di wikipedia.

Berikut langkah mengaktifkan DNSSEC

  1. Login ke penyedia layanan domain anda. Arahkan ke pengaturan DNS. Temukan kolom bertuliskan DNSSEC beserta beberapa form yang akan kita isi dan cocokkan dengan pengaturan yang ada di CloudFlare.
    Ini adalah contoh tampilan dari Google Domains, mungkin ada beberapa perbedaan dengan penyedia domain yang lain.

    Beberapa data yang diperlukan adalah: KeyTag, Algorithm, Digest Type serta Digest.
  2. Login ke CloudFlare, arahkan ke domain yang ingin diaktifkan DNSSEC-nya. Pilih menu DNS, Scroll ke bawah sampai pada DNSSEC. Klik Enable DNS.

    Akan muncul beberapa Record data berupa kode-kode tertentu beserta keterangan diatasnya.

  3. Selanjutnya kita akan menginputkannya ke form yang telah disediakan oleh penyedia domain.
    Cocokkan keterangan yang ada di form penyedia domain dengan yang ada di CloudFlare.
    Harap hati-hati ketika menginputkannya.
    Apabila ada input yang tidak cocok, seperti Algorithm yang di CloudFlare hanya menampilkan angka 13, berarti itu merujuk ke pilihan 13 : ECDSA/P256/SHA256 pada penyedia domain. Juga pada Digest Type dari CloudFlare menampilkan SHA256, berarti itu merujuk ke 2 : SHA256 di penyedia domain.
  4. Jika sudah, tekan Confirm pada CloudFLare. Serta tekan ADD atau SAVE di penyedia domain Anda.
    Silahkan cek apakah DNSSEC pada domain sudah bekerja atau belum di;
    http://dnsviz.net/d/domain.com/dnssec/

Demikian artikel singkat kali ini tentang Pengaturan Lanjutan CloudFLare pada Blogger, artikel ini akan diupdate secara berkala untuk menambahkan beberapa pengaturan tambahan lain. Sekian, semoga bermanfaat.