Langkah Serta Tips Mengerjakan Skripsi Amikom

Langkah-langkah, Tips dan Trik Mengerjakan Skripsi Amikom. Artikel ini akan membahas tentang langkah-langkah serta tips dan trik dalam mengerjakan skripsi secara umum, entah itu di Amikom atau instansi perguruan tinggi lainnya.

Langkah mengerjakan skripsi

Pengertian Skripsi

Skripsi adalah karya ilmiah yang harus dibuat (disusun) oleh mahasiswa program Strata 1 (S1) untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan atau teknologi dibidang keahliannya berdasarkan kaidah keilmuan, atau menghasilkan karya desain/seni beserta deskripsinya berdasarkan kaidah/ metode rancangan baru, yang bertujuan sebagai syarat akhir kelulusan pendidikan akademiknya di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di Indonesia.

Mengenai pembahasan tentang cara mudah membuat template Skripsi dapat dibaca pada artikel ini, dilengkapi juga bagaimana tata cara menulis format skripsi yang benar pada Word menggunakan fitur Style dan Formatting sehingga memudahkan proses pembuatan tabel, gambar, dan daftar isi secara otomatis.

Langkah-Langkah Mengerjakan Skripsi

  1. Pertama, sebelum mengajukan judul ke sistem, siapkan kurang lebih 3 judul dengan tema penelitian yang pembaca sangat menguasainya. Misalkan penulis menguasai tema tentang dasar website dan dasar multimedia, maka penulis menentukan judul skripsi pertama yaitu "Analisis Perbandingan Usability dan Performa Framework CSS Populer pada Website Statis", judul kedua yaitu "Perancangan Website Dinamis Menggunakan Laravel untuk Perusahaan A sebagai Website Company Profile untuk Informasi", dan judul ketiga yaitu "Pembuatan Video Company Profile Perusahaan A Menggunakan Teknik Motion Grafik untuk Media Promosi dan Informasi", Baru kemudian salah satu judul tersebut di-submit ke sistem. Amikom membuka pengajuan judul skripsi setiap tanggal 1 - 20 setiap bulan pada jam kerja kantor.
  2. Kedua, judul yang telah di-submit tersebut akan diproses oleh sistem untuk disetujui atau ditolak, jika judul disetujui maka nama dosen pembimbing sudah muncul dan langkah selanjutnya adalah menemui pembimbing, jika judul ditolak maka ada beberapa kemungkinan; judul telah diambil, tema judul terlalu luas, ulangi lagi langkah pertama untuk mengajukan judul.
  3. Ketiga, menemui dosen pembimbing. Cari tahu dulu di web dosen apakah dosen tersebut menyertakan email, nomer telepon, atau WA yang bisa dihubungi atau tidak, hubungi dosen tersebut pada pagi hari sebelum jam 7 atau siang hari setelah jam istirahat, perkenalkan diri terlebih dahulu dan utarakan maksud menghubungi dosen tersebut. Jika tidak ada jawaban maka tanyakan kepada teman atau satpam di mana meja dosen tersebut, hampiri ketika dosen tidak ada kesibukan. Utarakan judul, tema, konsep, dan alur penelitian kepada dosen pembimbing. Dosen akan coba menguji pemahaman mahasiswanya dan menanyakan latar belakang masalah, rumusan masalah dan seterusnya. Jelaskan dengan santai. Jika dosen pembimbing menyetujui penelitian tersebut maka langkah selanjutnya adalah meminta kartu bimbingan ke Kantor Administrasi dan memulai bimbingan.
  4. Keempat, Mulai mengerjakan skripsi dari Proposal Penelitian atau Bab 1, berisi Latar Belakang, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Maksud Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Metode Penelitian, dan Sistematika Penulisan. Setelah semua selesai baru menghadap dosen pembimbing dengan membawa kartu bimbingan. Perlu diperhatikan tata cara penulisan seperti format tulisan, layout, dan styling setiap judul, bab, sub-bab, gambar, tabel, dan sumbernya. Jika dosen memberikan masukan terkait konsep penelitian usahakan jelaskan terlebih dahulu mengapa harus menggunakan itu, jika terkait tentang format penulisan maka terima masukan tersebut dan edit langsung. Artikel sebelumnya yang membahas tentang cara membuat template skripsi telah disusun seperti format tata cara penulisan pada panduan Amikom, atau jika pembaca ragu bisa melihat langsung pdf panduan dari amikom pada tautan di akhir artikel ini.
  5. Kelima, Secara bertahap mengerjakan Bab-bab selanjutnya dan dibimbingkan ke dosen, perlu diperhatikan juga tata cara penulisan menurut tema penelitian yang diajukan khususnya pada Bab 3 dan 4, untuk skripsi yang memiliki tahap perancangan di Bab 3 ditulis dengan judul Analisis dan Perancangan dan Bab 4 ditulis dengan judul Implementasi dan Pembahasan, sedangkan skripsi yang sifatnya analisis Bab 3 ditulis dengan judul Metode Penelitian dan Bab 4 ditulis dengan judul Hasil dan Pembahasan. Lebih lengkapnya bisa dilihat pada tautan yang telah dilampirkan pada akhir artikel ini.
  6. Keenam, demo aplikasi, video, atau hardware yang telah dihasilkan. Proses ini berbeda-beda bagi setiap dosen pembimbing, ada yang diharuskan selesai Bab 4 baru bisa Demo, ada yang harus selesai sampai Bab 5 baru bisa demo.
  7. Ketujuh, Apabila di Kartu Bimbingan sudah terdapat tulisan ACC PRESENTASI, maka sudah bisa mendaftar pendadaran.

Tips dan Trik Mengerjakan Skripsi dari Tim Dosen Amikom

  1. Pilih tema penelitian lebih awal. Siapkan tema penelitian jauh-jauh hari sebelum mengambil mata kuliah skripsi. Tema skripsi bisa dari mata kuliah sebelumnya yang telah diambil, seperti contoh; Membuat video klip pada mata kuliah broadcasting, membuat aplikasi VR pada mata kuliah Media Interaktif, Membuat aplikasi menggunakan Artificial Intelligent pada mata kuliah Kecerdasan Buatan.
  2. Pilih tema penelitian yang tepat. Gampangnya, tema penelitian dapat diambil dari mata kuliah sebelumnya yang sangat kita kuasai, lalu cari penelitian-penelitian terkait tema yang akan kita ambil di Google Scholar atau buku fisik.
  3. Buatlah gambaran awal mengenai aplikasi, video, hardware yang akan dibuat. Buatlah gambaran seperti apa aplikasi, video, hardware yang akan kita buat ke depannya, seperti; spesifikasi, kerumitan, fitur, dan manfaat dari produk tersebut.
  4. Konsultasikan dan ajukan proporsal skripsi kepada dosen pembimbing. Konsultasikan seperti apa latar belakang penelitian, konsep penelitian, alur, dan gambaran umum penelitian kepada dosen pembimbing.
  5. Carilah teman-teman yang dapat membantu penelitian. Setelah itu cari teman yang satu tema skripsi atau yang paham dengan penelitian tersebut, seperti penyusunan laporan skripsi atau pembuatan aplikasi.
  6. Kumpulkan semua referensi yang berhubungan dengan skripsi. Bisa berupa teori dari buku, paper, jurnal dan penelitian atau contoh program jadi dari internet yang bisa dijadikan referensi.
  7. Mulailah mengerjakan Bab 1 dan Bab 2 dari skripsi. Jika memiliki sumber referensi yang tepat, tahap ini bisa diselesaikan maksimal satu minggu, dengan cara Baca - Pahami - Tulis ulang dengan kalimat sendiri.
  8. Kerjakan aplikasi, video, atau hardware. Mulai mencicil prototype aplikasi, video, dan hardware karena pada proses ini kerap memakan waktu yang cukup lama. Lalu mulai mengerjakan perangkat tersebut sampai selesai.
  9. Mulai menyusun bab 3, bab 4 dan bab 5. Setelah menyelesaikan aplikasi, video, dan hardware-nya, proses penulisan dari Bab 3 sampai Bab 5 relatif lebih mudah karena inti dari bab-bab ini adalah apa yang ada pada hasil yang dibuat sebelumnya. Bab 3 berisi rancangan prototype, storyboard, dan desain hardware nya dan analisis rancangan sebelum produk jadi. Bab 4 adalah pembahasan hasil implementasi dari perancangan pada bab sebelumnya yang dilengkapi dengan pengujian berupa analisis produk yang sudah jadi. Bab 5 berisi kesimpulan dari pembahasan dan saran berupa perbaikan tentang kelemahan dari produk yang dihasilkan.
  10. Konsultasikan bab demi bab tersebut dengan dosen pembimbing. Bila ada permintaan untuk mengganti dan diberi saran perbaikan yang sesuai, sebaiknya di bicarakan bila anda merasa kesulitan. Kuasai skripsi dan konsultasikan secara dua arah dengan dosen pembimbing. Bila diminta sesuatu yang diluar kemampuan, maka bisa dicoba membalikkan permintaan tersebut ke dosen pembimbing, caranya: minta dengan baik-baik dan penuh rasa hormat supaya dosen tersebut membimbing anda dengan "maximal" agar anda dapat menyanggupi permintaan tersebut, karena request tersebut benar-benar di luar kemampuan anda.
  11. Pendadaran. Kuasai naskah skripsi dan aplikasi, video, atau hardwarenya jauh-jauh hari. Percaya diri.

Demikian artikel tentang Langkah-langkah, Tips dan Trik Mengerjakan Skripsi Amikom, Semoga Bermanfaat.


Download Links



Referensi

[1] https://home.amikom.ac.id/download/

Posting Komentar