Tips Trik Meningkatkan Produktifitas di Windows 10

Pembahasan mengenai daftar fitur bawaan Windows 10 yang sangat berguna untuk meningkatkan produktifitas; seperti Snip & Sketch, Xbox Gaming Bar, Virtual Desktop, Aero Shake, Quick Assist, Clipboard History, Sandbox, dan Sticky Notes.

tampilan search immersive pada desktop windows 10

Produktifitas Sistem Operasi

Sistem Operasi (Operating System, OS) memiliki peranan penting dalam hal produktifitas, karena lingkungan dari OS tersebut memberikan dampak langsung terhadap pengguna. Sehingga penting bagi pengguna untuk mengetahui tips dan trik dari OS yang dipakainya agar dapat memaksimalkan potensi penggunaannya dan mengurangi pekerjaan yang kurang efektif.

Nah, artikel kali ini akan membahas tentang berbagai aplikasi bawaan OS Windows 10 yang dapat meningkatkan produktifitas pengguna, yang kebanyakan orang bahkan tidak menyadari aplikasi tersebut ada.

Catatan: Penulis menggunakan Windows 10 1909.

Daftar Aplikasi Windows 10 yang Meningkatkan Produktifitas

  1. Snip & Sketch
    Aplikasi ini adalah penerus dari Snipping Tools yang ada dari Windows 7. Aplikasi ini berguna untuk menangkap layar, mengedit dengan menambahkan anotasi tulisan atau garis, serta dapat menyimpan hasil tangkapan layar tersebut di harddisk sebagai gambar.

    Secara default, Snip & Sketch dapat dijalankan dengan shortcut + Shift + S, tetapi bisa juga dieksekusi menggunakan tombol PrtScr pada keyboard.

    Untuk penjelasan lebih detail bisa membaca artikel Cara Mengambil ScreenShoot Windows 10 dengan Snip & Sketch.

    Aktifkan pengaturan shortcut Print Screen dengan klik tombol di bawah ini.
    Pengaturan tombol PrtScr
  2. Xbox Gaming Bar
    Berbeda dengan Snip & Sketch yang hanya menangkap gambar, aplikasi Xbox Gaming Bar memungkinkan pengguna untuk dapat merekam layar dan menyimpannya dengan format .mp4.

    Pengaturannya dapat dibuka pada Settings Gaming Captures.

    Shortcut merekam layar (Mulai rekam / Berhenti rekam) dengan menggunakan + Alt + R.
  3. Virtual Desktop
    Sesuai namanya, fitur ini berguna untuk mengelompokkan desktop yang ada menjadi beberapa bagian yang diinginkan.

    Shortcut untuk membuka fitur ini adalah + Tab
  4. Aero Shake
    Fitur ini berguna jika pada desktop terdapat banyak aplikasi yang dibuka, sedangkan kita hanya ingin satu aplikasi saja terbuka dan mengirim sisanya ke mode minimize.

    Caranya mudah, cukup arahkan cursor ke title bar aplikasi yang ingin tetap dibuka, lalu drag dan goyang-goyangkan mouse sampai aplikasi lain masuk mode minimize.
  5. Quick Assist
    Quick Assist merupakan aplikasi bawaan Windows 10 yang memiliki fitur seperti TeamViewer atau RDP.

    Jadi, fungsi utama aplikasi ini adalah untuk screen mirroring layar desktop perangkat Windows 10 lain ke layar desktop kita. Sehingga kegiatan seperti troubleshooting Software Windows dapat dilakukan menggunakan aplikasi Quick Assist ini, tanpa perlu aplikasi pihak ketiga.
  6. Clipboard History
    Mungkin untuk fitur ini sudah banyak yang mengetahuinya. Seperti namanya, fitur ini berfungsi untuk menampilkan riwayat penyalinan (Copy text, gambar, code) yang pernah dilakukan hingga 20 riwayat terakhir.

    Shortcut yang digunakan untuk menampilkan daftar riwayat Clipboard adalah dengan + V.
  7. Sandbox
    Dalam dunia Perangkat Lunak, terdapat istilah SandBox, yaitu lingkungan percobaan yang memisahkan antara perangkat yang utama dengan perangkat yang dijadikan testing yang ketika percobaan tersebut gagal, maka tidak memiliki imbas pada perangkat utama.
    Sedangkan Sandbox pada Windows 10 sendiri adalah software khusus seperti Virtual Machine yang digunakan untuk mencoba menginstall atau menjalankan software tertentu yang setelah Sandbox tersebut ditutup maka aplikasi tersebut terhapus secara otomatis.

    Untuk menggunakan fitur ini terdapat beberapa batasan spesifikasi sistem, antara lain;
    • Hanya tersedia di Windows 10 Pro, Enterprise, Education.
    • Firmware perangkat keras harus mendukung Virtualization.
    • Prosessor dengan arsitektur 64-bit.

    Secara default fitur ini tidak aktif, untuk mengaktifkannya bisa melalui pencarian Windows dengan mengetik windows feature, lalu cari Windows Sandbox, pilih centang, lalu klik OK.
  8. Sticky Notes
    Aplikasi ini berguna untuk menyimpan catatan kecil yang menempel di desktop.

    Aplikasi Sticky Notes ini bisa diunduh melalui link di bawah ini.
    Microsoft Sticky Notes
  9. Windows Terminal
    Sesuai namanya, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan Command CLI dengan PowerShell, Command Prompt, Ubuntu (WSL), dan beberapa tool lain melalui satu jendela saja, karena Windows Terminal memiliki tab seperti pada browser yang dapat membuka banyak proses dalam satu jendela saja. Selain itu, Winodws Terminal juga bisa dikustomisasi sesuai keinginan menggunakan Color Scheme yang telah disediakan atau bisa membuat Color Scheme sendiri.

    Windows Terminal dapat didownload melalui link di bawah ini.
    Windows Terminal

Sekian daftar beberapa tips trik meningkatkan produktifitas di Windows 10 dengan menggunakan aplikasi bawaannya, semoga bermanfaat.

Referensi:
[1] https://www.youtube.com/watch?v=do06MPWf9E4 (Video by Leila Gharani)
[2] https://support.microsoft.com/en-us/help/12445/windows-keyboard-shortcuts

Posting Komentar