Apa itu NPM dan Apa Saja yang Harus Diketahui Tentang Package NPM

Pembahasan singkat mengenai apa itu NPM dan beberapa pengenalan Package yang harus diketahui; seperti perintah dasar NPM dan Penjelasannya.
npm logo

Apa itu NPM

NPM mulanya merupakan singkatan dari Node.js Package Manager dan merupakan bundle dari aplikasi Node.js yang berfungsi sebagai modul pengelola paket javascript yang tersedia untuk Node.js.

NPM dapat diakses melalui aplikasi Command Line seperti PowerShell, Command Prompt (CMD) dan Terminal dengan mengetikkan npm <command>, <command> adalah jenis perintah.

Menginstall NPM

Karena NPM merupakan modul dari aplikasi Node.js, maka untuk menginstall NPM dapat diinstall melalui aplikasi Node.js yang dapat diunduh di website resminya atau melalui link di akhir artikel ini.
Langkah instalasi NPM sebagai berikut:
  1. Download Node.js lalu install dengan pengaturan sebagai berikut sampai muncul pilihan tentang instalasi Tools for Native Modules yang tidak perlu dicentang, lanjutkan instalasi dan tunggu hingga selesai.
    npm install via node js
  2. Untuk mengecek apakah instalasi berhasil atau tidak adalah dengan membuka CMD atau PowerShell dan ketikkan perintah npm -v, jika muncul angka dengan format X.XX.X maka npm telah sukses ter-install.
    npm telah terinstall

Daftar Perintah NPM dasar

Berikut beberapa perintah dasar yang ada pada NPM beserta penjelasan singkat dan contoh penggunaannya, perintah lain yang sekiranya penting akan ditambahkan.
npm install <pkg> <-g>
Perintah install digunakan untuk menginstall package NPM dengan nama tertentu. Tambahan -g untuk menginstall package tersebut secara global (bisa diakses dari mana saja).
Contoh Penggunaan:
npm install workbox -g
npm update <pkg> <-g>
Perintah update digunakan untuk mengupdate atau memperbarui package NPM ke versi terbaru. Jika nama package ditulis maka npm akan mengupdate package tersebut. Jika tag global ditulis tanpa tambahan nama package, maka semua package yang terinstall secara global akan di-update.
Contoh Penggunaan:
npm update workbox -g
npm update -g
npm list -g -depth=0
Perintah list untuk menampilkan daftar semua package yang terinstall di sistem (global dan lokal folder). Tambahan tag global untuk membatasi tampilan daftar package yang terinstall secara global. Sedangkan tambahan pilihan depth untuk membatasi hanya package utama yang tampil.
Contoh Penggunaan:
npm list -g -depth=0

Package NPM yang Penulis Gunakan

Bonus, berikut beberapa Package NPM yang Penulis gunakan beserta penjelasan singkat tentang package tersebut.
  1. Workbox Workbox CLI digunakan untuk generate file-file yang diperlukan dalam rangka membuat sebuah website statis agar mendukung fitur Progressive Web Apps.
    Bagi yang tertarik memasang PWA untuk website statis yang di-hosting melalui GitHub, bisa membaca artikel tentang Cara Mengimplementasikan PWA pada Website Statis.
  2. Hugo Hugo merupakan framework berbasis javascript yang berguna untuk membantu mengembangkan sebuah website static. Fitur unggulan yang saya gunakan adalah integrasi website tersebut menggunakan Netlify CMS yang berguna untuk membuat Content Management System sendiri.


Referensi:
[1] https://docs.npmjs.com/cli-documentation/

Posting Komentar